Selasa, 28 Januari 2014

Rumah Mini Multifungsi

Arsitek asal Jepang Fukuda Hidehiro membuat hunian mini seluas 152 meter persegi yang menawarkan ruang multifungsi dan dapat dihuni dua keluarga.

Hidehiro menginginkan sebuah rumah yang bisa di huni generasi atau penguni rumah bisa tinggal dengan anak-anak mereka nantinya. Hidehiro menggunakan  kertas crane untuk membuat dinding dan langit-langit rumah, orang jepang memiliki tradisi dengan memberikan origami crane khusus kepada orang-orang yang di cintai, menurut mitos di Jepang, kertas crane melambangkan hidup bahagia dan panjang. Dinding rumah di cat dengan warn putih karena itu dapat merangsang ke otak dan menghasilkan ide-ide baru.
Rumah itu terdiri atas dua bangunan yang di hubungkan koridor untuk menghubungkan dan menjaga privasi dari dua keluarga yang tinggal disana. Rumah itu penuh dengan diagonal sehingga menciptakan ruang yang cukup besar dan gampang untuk direnovasi di masa depan.

Dekorasi

Untuk dinding, anda bisa menggunakan dua atautiga warna wallpaper yang bertekstur halus. Wallpaper putih untuk ruang tamu dan warna biru untuk garis-garis cerah pada salah satu dinding. Anda bisa memasang wallpaper dengan tema bunga pada ruang makan, untuk menambahkan aksen “Jepang”, anda bisa menambahkan lentara yang terbuat dari kertas khusus.

Umumnya kebanyakan orang Jepang menggunakan meja kayu berkaki rendah dan berwarna coklat gelap dengan bantal di sekitar meja. Untuk ruang tamu ada sofa kecil yang nyaman tanpa kaki. Meja kaki rendah bisa juga di gunakan untuk meletakan TV. Anda juga bisa menambahkan rak buku di ruang tamu. Untuk pencahayaan , anda bisa meletakan beberapa lampu meja dan lampu kecil diatas sofa, kamar tidur di Jepang sangat tradisional. Orang Jepang lebih suka tidur di atas matras kecil dan berbalut selimut.


*Sumber Sinar Harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar